SKIP TO MAIN CONTENT
tina-andrew.blogpot.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Tips Ngeblog Blogger Blogspot

Cara Membangun Brand: Online Business

Membangun brand baru tidak mudah. Mesti banyak kendala dan rintangan yang dihadapi. Tapi tidak menutup kemungkinan munculnya solusi yang terbaik setelah trial-error, jatuh bangun dan tidak sedikit biaya dan waktu yang dikorbankan. Seorang Pebisnis Online sejati yang menjalankan bisnis online (Online Business) tidak serta merta down dan kalah sebelum akhir pertempuran. Kondisi yang semakin kompetitif seharusnya menjadi langkah-langkah pembenahan dan perbaikan untuk bangkit kembali agar tercapainya suatu keberhasilan.



Kendala Membangun Brand Baru di Dunia Online

Seperti yang diuraikan diatas tadi, bahwa membangun brand yang baru itu tidak gampang. Mesti lebih banyak kendala yang dihadapi. Berikut ini beberapa kendala dan hambatan yang pernah penulis alami didalam membangun brand:

  1. Kendala pertama: permodalan
    Ini merupakan kendala terbesar dari sebagian kendala yang ada. Aspek permodalan dianggap menjadi hal terpenting dari lainnya. Dengan modal yang besar, seorang pebisnis online dapat mempromosikan blog atau situsnya melalui facebook, adwords dan situs penyedia promo berbayar lainnya.
    Yang pada akhirnya, pebisnis online akan mencoba keras untuk promosi via social media network yang nyata-nyata gratis tanpa biaya atau sedikit memaksakan diri via adwords dengan budget super minus.
    .
  2. Kendala kedua: wawasan dan keahlian dalam promosi.
    Dalam rangka menghadapi kompetitor (pesaing) yang jumlahlah ratusan juta di dunia internet memang diakui tidak gampang untuk mengalahkan mereka. Asumsi ini sebenarnya tidak berdasar dikarenakan masih banyak celah yang dapat ditemukan dengan keahlian yang super tipis menjadi sesuatu yang berhasil.
    Akan tetapi, wawasan dan pengetahuan seakan-akan menjadi kunci keberhasilan.
    Pebisnis online yang tidak memiliki pengetahuan sedikitpun dalam bidang promo online mesti bakal keluar biaya yang tidak sedikit dengan memanfaatkan jasa promo dari para penyedia promo online.
    .
  3. Kendala ketiga: bahasa pemrograman
    Banyak yang bilang bahwa setidak-tidaknya, seorang pebisnis online harus mengerti bahasa pemrograman yang dengan itu dapat digunakan untuk memahami apa itu SEO dan bagaimana cara mencapai SERP di mesin pencari Google tepat pada halaman pertama.
    .
Dari ketiga permasalahan/kendala besar diatas, jelaslah bahwa hampir 90% banyak yang tidak kita miliki. Khususnya bagi pebisnis online, blogger seperti penulis ini yang hanya bisa membudgetkan kurang dari 100rb per bulan untuk tetap eksis di dunia online ( itupun buat bayar biaya akses internet plus rokok dan kopi hangat :p )

Setelah berkelana kesana-kemari selama hampir 7 tahun, akhirnya penulis mendapatkan solusi terbaik dengan modal sedikit, wawasan apa adanya, skill biasa aja dan hampir tidak mengerti bahasa pemrograman. berikut ini, penulis akan uraikan secara gamblang dan Jelas.

Solusi Membangun Brand Baru bagi Pebisnis Online

Tips kali ini dititikberatkan pada pebisnis skala menengah kebawah oleh karena intensitasnya justru berlebihan khususnya dalam rangka membasmi ke-3 kendala diatas.
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa dunia internet sudah menjadi acuan perang brand yang bagus bagi pebisnis-pebisnis offline dan online. Banyak sekali dari mereka yang hanya berjualan offline beralih ke Online dengan mimpi untung besar. Akan tetapi semua itu bergantung pada seberapa besar kerja dan semangat yang ada pada pebisnis.

Brand Besar Tidak Mesti Besar

Asumsi bahwa "Brand Besar Tidak Mesti Besar" bukanlah sekedar slogan atau kata-kata yang penulis ucapkan saja. Asumsi ini berpijak pada aktivitas inti dari sebuah bisnis. Misalnya, Perusahaan Intel. Semua mengenal Intel. tapi, apakah Intel merupakan satu-satunya yang dapat eksis dengan brand nomor 1 di hasil pencarian Google? Disini patokan kita adalah Google dengan kata kunci pencarian istilah komputer yang mengarah kesana. Masih banyak yang lain seperti: oracle (walau beda jenis bisnisnya), AMD, nokia (walau akhirnya jatu juga termasuk lenovo), Samsung, dsb.
Dengan kata lain, brand Intel memang besar, tapi tidak lagi besar manakala dihadapkan pada jutaan pebisnis yang sama dan setara dengan Intel. Ini fakta.

Lalu," bagaimana dengan bisnis saya yang dimulai dari NOL dan mencoba untuk eksis dengan brand yang baru tanpa modal? "
Pertanyaan ini bukan pertanyaan seorang optimistis. Ini pertanyaan sang pecundang! mari kita lihat penjelasan berikut ini.

Membangun Brand Melalui Signature

Membangun brand tidak terlepas dari seberapa banyak dan seberapa jauh kita berkecimpung didunia internet. Semakin tinggi intensitas promosi kita atas brand yang kita punya. Semakin tinggi pula kemungkinan brand kita dikenal oleh masyarakat dunia maya.
Pengaruh sosial media seperti facebook, twitter dan sebagainya menjadi langkah jitu untuk menyelesaikan kendala-kendala diatas. Ini bukan isapan jempol semata. Ada pengaruh yang tidak kita ketahui dan tanpa kita sadar yang sebenarnya mereka secara tidak langsung bekerja keras agar brand kita layak dikenal dan dikunjungi oleh user-user didunia internet.

Situs-situs besar seperti Google, Bing, Yahoo, Facebook, Twitter dan Google+ jelas memiliki software tertentu untuk menaksir dan memonitor semua kerja mereka. Baik dalam bentuk Crawl, Bot maupun lainnya yang tersimpan di database mereka. Sebenarnya, Brand kita itu sudah ada di database mereka melalui launchingnya situs kecil kita yang sudah terdaftar di DNS dan Hosting kita saja sebenarnya sudah ada BAHKAN walaupun anda mensetting NONE atau Noindex, Nofollow pada htaccess atau robots.txt disitus anda. Sebenarnya semua sudah terekam dalam database Google, Bing, Yahoo, Facebook, Twitter dan Google+, hanya saja mereka tidak mempublikasikannya karena terkait oleh peraturan umum di dunia internet bahwa mempublikasikan privasi melanggar hak azazi manusia dan ternyata ini ampuh dan dipatuhi oleh Google, Bing, Yahoo, Facebook, Twitter dan Google+ dan situs-situs besar lainnya.

Beberapa kemungkinan jitu yang dapat anda awali didalam membangun brand bisnis anda agar besar adalah sbb:
  • Buat akun di Facebook, twitter, google+, alexa, instagram, dan semua sosial media online yang anda ketahui dan taruhlah signature atau catatan kaki dibawah setiap opini, komentar dan pertanyaan anda dengan membubuhkan nama brand anda plus tanda pagar.
    .
    Misalnya:
    #wwwsitus
    .
    Keterangan:
    wwwsitus adalah nama brand anda. Brand ini akan terekam oleh Google, Bing, Yahoo, Facebook, Twitter dan Google+ sebagai hal yang patut direkam.
    .
  • Lakukan promosi dengan berkunjung keberbagai situs lain dengan meletakkan tanda pagar + nama brand (tanpa spasi antara pagar dan brand) disetiap komentar dan opini yang anda terbitkan.
    .
  • Agar tidak berbau spamming/spammer, Sebelum anda membuat situs anda, gunakanlah nama situs yang relevan dengan lainnya seperti teknik SEO berikut ini:

    Nama situs: baksosuper. com
    Judul atau brand Situs: baksosuper
    Deskripsi situs: Menyediakan Bakso Super bagi Konsumen Super. Dapat dipesan via WhatsApp, BBM & Hotline No: 0857-XXXX-XXXX.
    .
    Maka, nama brand anda yang ditulis sebagai signature adalah : #baksosuper
    .
    Ingat! jangan sekali-kali menambahnya dan jangan letakkan spasi pada signature anda.
    Lalu, gunakan disetiap kesempatan opini, tulisan dan sebagainya sesering mungkin. Selain itu bisa dilakukan secara offline melalui teman, kaos oblong milik anda dsb.
    .
  • Jangan merubah signature brand anda baik menambah maupun mengurangi. Ini untuk menunjukkan komitmen dan konsistensi brand kita didunia internet. Jadi tentukan signature brand anda sebagai hasil final hingga sampai kapanpun.
  • Bila anda telah yakin bahwa brand mulai tersebar dan sudah sering nampak di hasil pencarian google atau dibanyak situs lain, maka tingkatkan pelayanan dan kualitas produk/jasa disitus anda untuk memastikan dan meyakinkan pelanggan anda bahwa brand anda adalah lambang kualitas terbaik bagi pelanggan anda
    .
  • Bila profit telah diraih, biayailah brand anda dengan mempromosikannya via fb dan adwords atau media net lainnya untuk menancapkan akar brand anda didunia internet.
    .

Berdasarkan uraian diatas, kesimpulannya. Jadikan Signature menjadi ujung tombak brand anda. Akan lebih efektif apabila digunakan sesering mungkin di google+ dimana anda berinteraksi dengan teman lainnya di google+

Newer Post Lihat Tips & Tutorial Sebelumnya
Back to Homepage

Popular Posts