SKIP TO MAIN CONTENT
tina-andrew.blogpot.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Tips Ngeblog Blogger Blogspot

Tips Menurunkan Bounce Rate

VISITOR UNIK

Mendapatkan visitor unik (Unique Visitor) itu tidak mudah. Visitor Unique juga sangat penting didalam menentukan seberapa pentingkah dan bergunanya blog kita dimata pengunjung. Apa itu Visitor Unik. Visitor unik adalah pengunjung yang datang ke blog kita dan membuka, minimal satu halaman blog (misalnya: home page atau beranda saja), dan tetap ditempatnya (tidak menutup tab atau browser) selama kurang
lebih 60 detik. Banyaknya jumlah visitor unik ke blog anda termasuk yang diperhitungkan oleh Pemberi peringkat blog atau situs seperti Google page rank, Alexa dan sebagainya.
Lalu, bagaimana cara mendapatkan visitor unik?
Lamanya visitor yang berdiam di blog kita lebih dari 60 detik dapat diinterpretasikan bahwa, visitor tersebut telah merasa tertarik dengan blog tersebut, baik dirasakan maupun tanpa disadari. Dengan demikian, kita telah berhasil menghasilkan visitor unik. Lalu, apa yang membuatnya tertarik dan berdiam cukup lama di blog tersebut?

Hindari Javascript dan Animasi yang berlebihan

Banyak diantara situs dan blog lain memberikan saran misalnya; menampilkan widget atau tampilan dialog dalam bentuk, klik LIKE pada icon facebook, google+ atau lainnya. atau dengan memberi slideshow dan animasi loading khusus bagi visitor yang baru datang. Ini memang cukup efektif. Akan tetapi, visitor akan jenuh dan lama kelamaan akan merasa bahwa justru itu mengganggu pandangannya didalam mencari informasi pada blog itu secepat mungkin. Dengan demikian, untuk pertama kali, bisa jadi visitor merasa oke saja, akan tetapi lama-kelamaan akan jenuh dan meninggalkannya. Untuk itu, sebaiknya segera ditinggalkan sebelum merugikan anda sendiri.

Salah satu cara yang efektif adalah sebagai berikut:
  1. dan informasi yang tersedia di konten anda dan uraikanlah secara rinci (bila perlu) yang tidak kurang dari 300 kata per artikel atau per judul.
  2. Berilah informasi tambahan yang relevan didalamnya, berupa link yang memudahkan visitor untuk langsung menuju ke informasi tambahan lainnya, atau dengan memberi informasi pada widget di sidebar kanan atau kiri atau yang berdekatan dengan artikel yang tengah dibacanya tersebut.
  3. Menawarkan polling, blog star rating, atau download gratis pada visitor sehingga kedatangannya tidaklah sia-sia.
  4. Memberi sistem navigasi atau menu yang baik dan tidak ada Broken Link didalamnya.
  5. antara satu elemen dengan elemen lainnya, (lebih disukai berlatarbelakang putih polos, abu-abu muda, hitam (tapi tidak pekat) dan tidak mengandung animasi yang mengaburkan pandangan atau mengganggu proses pencarian informasi seperti; animasi javascript pada pointer atau yang mengikuti pointer, hujan salju, layar seolah-olah bergetar atau latarbelakang bunga warna-warni yang mempersulit visitor didalam membaca dan memahami artikel anda.
  6. Menggunakan bahasa yang sederahana dan mudah dimengerti.
  7. Tekhnik penulisan yang memadai.
  8. Memberikan kata harapan atau yang memancing rasa keingintahuan para pengunjung, semisal: "Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih seru, silahkan kunjungi lagi 3 hari yang akan datang", dan sebagainya.
Intinya, blog harus bermanfaat - ada sesuatu yang membuat visitor betah karena merasa ada yang penting dan harus diperoleh (informasi atau lainnya) dari blog tersebut.

BOUNCE RATE

Bounce rate adalah kebalikan dari Visitor Unik, yakni perhitungan mengenai - Seberapa-cepatkan visitor meninggalkan sebuah blog - semakin cepat semakin buruk citra blog kita. Bila jumlah bounce rate lebih banyak dari jumlah visitor unik, akibatnya akan buruk dimata search engine seperti google, alexa, yahoo, msn dan sebagainya. Dan, ini berakibat pada menurunnya kredibilitas blog tersebut.

Bounce rate tidak hanya dinilai dari segi kecepatan visitor meninggalkan blog, tetapi juga seberapa banyak halaman yang dibuka dan diklik oleh visitor.

Bounce Rate - Impresi dan Klik

Untuk melihat nilai Impresi (membuka-buka halaman) dan jumlah klik dari blog anda, anda bisa mendaftarkan diri di . Disana anda dapat menganalisa blog anda dan mengendalikan jumlah bounce rate blog anda.

Cara efektif
Cara efektif menurunkan jumlah bounce rate blog anda yaitu dengan menerapkan tips diatas dan anda bisa rasakan pengaruhnya secepatnya anda memperbaiki kualitas konten blog anda.


Herman Bin Nasarudin in Google+
Google+ Profile
Google+ Page

Newer Post Lihat Tips & Tutorial Sebelumnya
Back to Homepage

Popular Posts